Saturday 15 September 2012

Menyikapi Game Online Dengan Bijaksana


Kemajuan teknologi dalam dunia entertainment sangat pesat sekali dan kita tidak bisa menghindari hal tersebut. Kemajuan ini bisa dirasakan  oleh kita dengan banyak munculnya berbagai jenis hiburan yang menyertakan kecanggihan teknologi di sekitar kita.
Salah satu hiburan yang mengusung tentang kecanggihan teknologi adalah game online. Game atau permainan ini sangat menarik sekali. Ini dapat dibuktikan dengan ramainya pengunjung di tempat-tempat penyewaan atau warnet (warung internet) yang banyak tumbuh menjamur di setiap pinggir jalan. Karena menariknya game ini, ternyata usia tidak berpengaruh. Dari anak-anak sampai dewasa juga menyukai jenis permainan ini.
Saat ini game tersebut juga tidak lepas dari anak-anak didik kita, game ini sangat digemari. Banyak diantara mereka yang tidak bisa membagi waktu antara belajar dengan bermain game. Bahkan yang lebih menyedihkan lagi diantara mereka ada yang membolos sekolah dikarenakan ingin bermain game online.
Dalam hal ini perlu kiranya pengawasan dari semua pihak. Peran guru dan orang tua dalam memantau kegiatan anak sangat diperlukan secara maksimal. Kerjasama dan tanggung jawab masing-masing pihak sangat dibutuhkan.
Dengan banyaknya masalah yang disebabkan oleh permainan game online ini, penulis mencoba untuk memanfaatkan kebiasaan anak yang suka bermain game ini dengan pembelajaran. Kebetulan penulis adalah guru bahasa Inggris yang merasakan sekali akan kekurangan anak-anak didiknya dalam menguasai materi pelajaran bahasa Inggris.
Kebiasaan anak-anak dalam bermain game online tidak bisa dilarang atau bahkan dihilangkan. Dengan memanfaatkan bahasa yang ada didalam game tersebut ternyata efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam kemampuannya menguasai kosa kata bahasa Inggris. Kosakata yang ada dalam permainan itu bisa digunakan sebagai acuan atau bahan guru bahasa Inggris dalam memberikan materinya di dalam kelas. Jadi kita bisa mengetahui sejauh mana anak-anak menguasai bahasa yang ada di dalam permainan tersebut. Apakah mereka bisa memahaminya ataukah hanya sekedar bermain saja.  

No comments: