Monday 3 September 2012

The Global Classroom Ala Acer Guraru Award 2012

Teknologi berkembang sangat pesat. Banyak hal yang dapat membantu kita sebagai seorang guru yang untuk mengajar peserta didik kita. Media-media sosial yang selama ini berkembang untuk dunia marketing, kini sudah banyak dilirik oleh pemerhati pendidikan terutama guru untuk mengajar di dalam maupun di luar kelas.
Diantara media-media yang berkembang saat ini, blog merupakan sarana yang banyak digunakan para pendidik untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia IT dan sekaligus sebagai sarana untuk pembelajaran. Dengan demikian akan muncul sebuah metode pembelajaran yang baru, dan diharapkan cara yang baru ini akan menambah semangat siswa dalam belajar.
Kita bisa menyebutnya sebagai "The Global Classroom". Kalau dulu kita mengenal kelas sebagai sebuah ruang atau tempat belajar yang hanya dibatasi 4 dinding yaitu dinding depan, belakang, samping kanan dan kiri. Tapi kini dengan kecanggihan teknologi kita bisa menjadikan semua tempat adalah kelas, sepanjang ada koneksi internet di tempat tersebut. Dengan sarana blog, kita bisa memaparkan materi pelajaran, menguji pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran secara online dan berkomunikasi dengan peserta didik. Dengan demikian paling tidak kita sudah mempresentasikan model pembelajaran abad 21 yang kita kenal tadi dengan sebutan Global Classrom.

Melihat kondisi perkembangan yang luar biasa sekali, Acer Indonesia mengadakan sebuah ajang atau tepatnya sebuah kompetisi untuk menampung kreatifitas guru dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan media blog, yang kita kenal dengan Acer Guraru Award. Diharapkan hal ini akan memberikan semangat para guru Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka dalam pembelajaran yang  diintegrasikan dengan teknologi (TIK).
Untuk Informasi Lebih Lanjut Klik Di Sini.

No comments: